Sunday, October 14, 2012

Analogi Logika

Band di Indonesia udah banyak banget kayak jamur kuping. Hampir semua yang menamai diri mereka indie itu punya keunikan masing-masing. Tapi, lain halnya sama attitude yang mereka punya. Selama gue berkecampung (ceileh berkecampung..) hmm apa ya bahasa yang enak? hmmm selama gue menekuni, yah maksudnya selama gue mengenal dunia per-band-indie-an di Indonesia, banyak juga band yang punya karya yang asik tapi attitudenya gak se-asik karyanya. Sayang sekali saudara-saudara..

Gak bisa dipungkiri sih emang, yang namanya karya gak bisa juga mesti dihubung-hubungin sama attitude. Gue suka sama lagu-lagunya Sigur Ros, tapi apakah gue tau attitude mereka seperti apa?
Nah..disini baru deh kata-kata "Tak kenal maka tak sayang" itu jadi ada artinya. Kenapa? karena gue belom pernah ketemu atau ngobrol sama Sigur Ros, gue juga gak kenal sama mereka, makanya gue gak tau mereka itu sifatnya seperti apa. Dan acctualy emang gue gak peduli-peduli amat yang penting lagu mereka asik (lebih tepatnya 'aseeek'). Terus apa hubungannya sama "Tak kenal maka tak sayang"? Gak tau juga sih, ya terserah gue dong mau nulis apa kek. blog blog gue! hah! emosi lama-lama nih~ ~ ~

Barusan, gue baru aja ngetweet random tentang attitude anak band gitu, ujung-ujungnya menyudut ke istilah yang namanya "syndrome star". Inilah yang gue maksud dengan seseorang yang baru akan terkenal, tapi sombongnya udah kayak apaan. Gak sedikit band-band yang baru dikenal tingkat kotamadya udah bergaya kayak Rockstar se-apaantau. Baru turun panggung, langsung kabur ke backstage ngehindarin fans-fans nya yang udah niat banget dateng cuma buat bilang: "KaKagH..FotO d0nkz KakAgh..". Yang pada akhirnya bikin si fans tersebut kecewa karena gak bisa foto bareng. Sungguh ironis.
Padahal yah, segitu baru indie. Segitu baru cakupan fans se kabupaten, bro. Who you think you are?

Pada akhirnya, gue pengen bagi-bagi cerita tentang pengalaman gue pas nonton beberapa band indie yang keren banget menurut gue, bukan cuma dari lagu-lagunya, tapi mereka punya sikap yang sama sekali gak nunjukin kalo mereka itu 'Star'. That's good! merekalah yang sepatutnya gue acungi jempol, dan sun kening kalo boleh biar lebih akrab :p

The Trees & The Wild
Pertama kali gue nonton mereka perform adalah sewaktu acara Lomonesia. Waktu itu sempet ketemu mereka pas selesai manggung, Remedy adalah idola gue ter-amat-sangat-banget-kebangetan.
Dia waktu itu lagi sibuk sama yang antri mau foto bareng, gue sih mikirnya dapet foto sukur..kaga dapet yah nunggu sepi. hehehe..
Nah! akhirnya pas giliran gue, pas sepi tuh..ketemu lah sama Remedy..anjir degdegan sumpah. Begini nih langsung spechless gitu, noraaak..noraak..hehehe. "Halo Remedy.." Sapa gue ke dia.. "Hai..namanya siapa?" dia jawab sambil ngulurin tangan. Abis itu gue jadi diem bingung mau gomong apa, padahal itu kesempatan yang diberikan oleh Tuhan untuk ngobrol sama Remedy! sampe akhirnya Remedy bilang: "eh nanti nonton monday math class juga dong..bagus lho..".
dan bodohnya gue, saking terpesonanya gue cuma manggut-manggut aje. Harusnya tuh gue lebih aktif bro! aktiiiiif!!!! kenapa jadi begicu?. Udah deh kalo inget ini penyesalan gue akan semakin dalam dan tiada akhir, fren. hiks.
Sebegitu kerennya mereka sampe udah tour keliling Eropa, tapi mereka tetep aja Low profile. Masih lho dengan hoby mereka yang suka nge-jam di halte busway. Dan itu kayak jadi ciri khas mereka. keren!

Efek Rumah Kaca
kalo ERK, gue sempet nonton mereka di Bandung waktu itu. Baru kali itu pertama kalinya gue nonton mereka dengan lagu yang gue hafal cuma 2, Desember sama Lagu Cinta Melulu. Tapi entah kenapa ya mereka tuh bisa banget bikin penontonnya terhanyut sama lagu yang mereka bawain, walaupun yah walaupun gue baru tau 2 lagu itu doang, sisanya gue menikmati saja tanpa sok-sok an ikutan nyanyi.
Setelah ERK tampil, giliran Sarasvati yang tampil. Dan tanpa gue sadari bung Kholil sang vokalis ERK itu berdiri persis di sebelah gue ikutan nonton Sarasvati juga. Ini ajaib sih. Gue beberpa kali nengok ke sebelah-mau nyapa-gak jadi. gitu aja terus. Akhirnya gue memberanikan diri:
"Kang?Vokalisnya ERK?"
"Oh..iyah.." jawabnya dengan nada sunda merdu.
Obrolan kecil sempet terjadi ditengah kerumunan penonton Sarasvati. Euh ramah pisan si akang yg satu ini. Salut saya mah kang..beginilah seharusnya Superstar! heuheuheu.

Bangkutaman
Nah! ini yang paling asik. Jadi ceritanya nih, belom lama ini gue dateng ke sebuah acara gratisan (hehe you know me so well lah). Jadi, acara ini tentang perkumpulan komunitas social media di Indonesia. Pas gue lagi jalan muterin setiap booth disana, gue sempet ngeliat sesosok lelaki yang asa-asa wauh (read: serasa kenal) disana. Kenal sih enggak ya, tapi familiar gitu. Disitu tuh gue rada mikir ini vokalisnya Pure saturday apa vokalisnya Bangkutaman ya? rada mirip soalnya.
Pas gue lagi nonton di depan mainstage, si sosok ini berkelibatan kesana-kemari ngasih stiker yang bertuliskan "KINCIR". Tapi dia ngelewatin gue, nengok ke gue, tapi gue dilewatin, gue liatin sambil mikir ini siapa sih ya? dan jrengjeng! Jadi aja liat-liatan. Daripada kikuk gue tanya aja:
"Mas vokalisnya Bangkutaman ya?" (dalem hati: mudah-mudahan gak salah..kalo salah malu bok..maluuu)
Terus dia jawab:
"iya..kok tau? nih udah dapet stiker belom?"
"wah belom..mau dong 2 tapinya ya..boleh kan?hehehe"
Terus biasalah ke-norak-an gue sangat terpancar begitu nyata disana. Foto bareng lah akhirnya.
Sempet mention twitpic fotonya di twitter ke si bang Wahyu Nugroho ini. Kemudian tanpa disangka tanpa diduga beliau nge add gue di fesbuk,

"hi there eka sorry bru liat twitter kamu"

"helo bang! its ok ..kapan bangkutaman manggung?"

"well, banyak tawaran, but we've been kept in the studio,lagi cari cara biar lolos dari studio dan tiba2 manggung. lagi fokus album ketiga dulu"

"wah gak sabar nunggu album ketiga,segeralah direalisasikan bang"

"so, di socmedfest kemarin did you find something inspiring?"

"wah..banyaaaaaak...kebetulan kan saya juga suka sama fotografi, jadi kemaren sempet ke booth mereka..tuh yg levitasi tuh..keren lho.."

"great ..!"

Beginilah seharusnya seorang 'Star'. Mau sharing, mau nyapa, gak sombong, Walaupun yah karya mereka sebenarnya patut untuk disombongkan. Tapi, bukan kayak gitu lah yg mereka cari. Ini yang gue bilang keren. Ini yang gue bilang idola sepatutnya.

If you don't like something, change it. If you can't change it, change your attitude.







No comments:

Post a Comment